/* hilangkan navbar ----------------------------- */ #navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

meta console

PTK MATEMATIKA KELAS 9

PTK MATEMATIKA KELAS 9




Kami membantu para guru menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Hubungi WA: 081222940294


PENGGUNAAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATEMATIKA POKOK BAHASAN MENAKSIR LUAS BANGUN DATAR TIDAK BERATURAN PADA SISWA KELAS IX-G SMP NEGERI....... TAHUN PELAJARAN 2023/2024


BAB l
Pendahuluan

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sering kali dianggap menantang oleh sebagian siswa. Salah satu pokok bahasan yang sering dihadapi kesulitan oleh siswa adalah menaksir luas bangun datar. Menaksir luas bangun datar memerlukan pemahaman yang mendalam tentang konsep bangun datar dan kemampuan dalam menghitung luas secara perkiraan. Model pembelajaran Guided Discovery Learning adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada partisipasi aktif siswa dalam mengkonstruksi pemahaman mereka sendiri melalui proses eksplorasi dan penemuan. Dalam konteks pembelajaran matematika, model ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi konsep dan prinsip matematika melalui serangkaian aktivitas yang dipandu oleh guru. Dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep menaksir luas bangun datar, penggunaan alat peraga dapat menjadi tambahan yang berharga. Alat peraga, seperti model bangun datar berbahan manipulatif atau alat bantu pengukuran, dapat membantu siswa untuk secara visual dan konkret memahami konsep dan mengaitkannya dengan dunia nyata. Tujuan dari penelitian atau penerapan model Guided Discovery Learning berbantuan alat peraga dalam pembelajaran matematika adalah: Meningkatkan Minat dan Motivasi: Pendekatan pembelajaran yang interaktif dan partisipatif dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa terhadap pelajaran matematika, khususnya saat mereka dapat melakukan eksplorasi dan penemuan konsep secara aktif. Memperjelas Konsep: Penggunaan alat peraga memungkinkan siswa untuk melihat, meraba, dan memanipulasi bangun datar, sehingga dapat membantu memperjelas konsep menaksir luas dengan cara yang lebih konkret dan nyata. Memfasilitasi Pemahaman Abstrak: Konsep matematika seringkali bersifat abstrak, sehingga penggunaan alat peraga dapat membantu siswa dalam mengaitkan konsep abstrak dengan representasi visual yang lebih mudah dipahami. Mendorong Diskusi dan Kolaborasi: Model pembelajaran ini mendorong siswa untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam memecahkan masalah, sehingga mereka dapat saling belajar dari satu sama lain. Mengembangkan Kemampuan Penyelesaian Masalah: Melalui pendekatan ini, siswa diajak untuk berpikir kritis dan mengembangkan kemampuan penyelesaian masalah, terutama dalam konteks menaksir luas bangun datar. Dengan menggabungkan model Guided Discovery Learning dan penggunaan alat peraga, diharapkan pemahaman konsep menaksir luas bangun datar dapat ditingkatkan, dan siswa akan lebih termotivasi untuk belajar matematika dengan lebih baik. Selain itu, pembelajaran yang interaktif dan bermakna ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari.