/* hilangkan navbar ----------------------------- */ #navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

meta console

Contoh Ptk seni budaya moeljadi pranata um

 Contoh Ptk seni budaya moeljadi pranata um



JASA PEMBUATAN PTK KENAIKAN PANGKAT PNS/PERSIAPAN PLPG/UKG
JUDUL-JUDUL PTK KLIK DISINI
Ggak Punya waktu mengerjakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)??? Di sini nih... Solusinya.. 
Ciuuussss... ambil Hp, segera hubungi CS kami, pertanyaan-pertanyaan anda seputar PTK akan terjawab dengan lengkap...haha..kaya buku aja lengkap.
Buruan...
MAU KONSULTASI PTK?
BUTUH PROPOSAL PTK?
BUTUH GAMBARAN JUDUL PTK??
BUTUH PTK LENGKAP, NO COPY-COPY, ASLI DAN ORISINIL
PTK TERBARU DAN BELUM PERNAH TERPUBLIKASIKAN
PTK NYA SEKALIAN DIJADIKAN JOURNAL JUGA BOLEH PAK/BU....
LANGSUNG SAJA HUBUNGI CS KAMI DI :




  1. 1. PTK PENDIDIKAN SENI BUDAYA DR. MOELJADI PRANATA, M.Pd UNIVERSITAS NEGERI MALANG
  2. 2. SISTEMATIKA PROPOSAL PTK 1. Judul Penelitian 2. Pendahuluan 3. Rumusan Masalah 4. Tujuan Penelitian 5. Manfaat Penelitian 6. Kajian Pustaka 7. Metode Penelitian a. Pendekatan dan Rancangan b. Siklus c. Lokasi dan Subjek d. Teknik Pengumpulan dan Analisis Data 8. Jadwal Pelaksanaan 9. Daftar Pustaka Moeljadi Pranata
  3. 3. JUDUL PTK Moeljadi Pranata
  4. 4. CONTOH JUDUL PTK Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Cara Menggambar Perspektif untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa Kelas IXA SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk Penggunaan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Tari Remo Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk Penerapan Simulator Sederhana untuk Meningkatkan Keterampilan Penjarian Bermain Recorder pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk Moeljadi Pranata
  5. 5. BAB I PENDAHULUAN Moeljadi Pranata
  6. 6. “Penggunaan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Tari Remo Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk” LATAR BELAKANG 1. Uraikan masalah yang terjadi di kelas Anda 2. Mengapa terjadi masalah tersebut 3. Apa saja pemecahan masalah (obat) yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. 4. Pemecahan masalah yang mana yang Saudara pilih sbg obat yang mujarab? Mengapa? Moeljadi Pranata
  7. 7. “Penggunaan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Tari Remo Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk” RUMUSAN MASALAH 1. Apakah penggunaan Model Pembelajaran Tutorial Teman Sebaya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Tari Remo pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk? 2. Apakah penggunaan Model Pembelajaran Tutorial Teman Sebaya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar Tari Remo pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk? Moeljadi Pranata
  8. 8. “Penggunaan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Tari Remo Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk” TUJUAN PENELITIAN 1. Meningkatkan kualitas pembelajaran Tari Remo pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk melalui Model Pembelajaran Tutorial Sebaya. 2. Meningkatkan kualitas hasil belajar Tari Remo pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk melalui Model Pembelajaran Tutorial Sebaya. Moeljadi Pranata
  9. 9. “Penggunaan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Tari Remo Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk” MANFAAT PENELITIAN 1. Bagi kelas VIIIB, hasil penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas proses dan hasil pembelajaran Tari Remo. 2. Bagi guru, hasil penelitian ini diharapkan dapat mengubah paradigma pembelajaran Pendidikan Seni Budaya dari teacher-centered menjadi student-centered. 3. Bagi siswa, hasil penelitian ini memudahkan mereka untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Moeljadi Pranata
  10. 10. BAB II KAJIAN PUSTAKA Moeljadi Pranata
  11. 11. “Penggunaan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Tari Remo Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk” KAJIAN PUSTAKA 1. Konsep dan Teori tentang Pembelajaran Seni Tari 2. Konsep dan Teori tentang Pembelajaran Tari Remo 3. Konsep dan Teori tentang Model Pembelajaran 4. Konsep dan Teori tentang Model Pembelajaran Demonstrasi 5. Konsep dan Teori tentang Model Pembelajaran Tutorial Teman Sebaya Moeljadi Pranata
  12. 12. BAB III METODE PENELITIAN Moeljadi Pranata
  13. 13. METODE PENELITIAN A. Lokasi dan Waktu Penelitian B. Subjek Penelitian C. Prosedur Penelitian SIKLUS I a. Perencanaan I b. Tindakan I c. Refleksi I SIKLUS II D. Instrumen Penelitian E. Pengumpulan dan Analisis data Moeljadi Pranata
  14. 14. PROSEDUR PENELITIAN PTK biasanya dilakukan dalam 2 siklus atau lebih Moeljadi Pranata
  15. 15. Tindakan 1 Rencana 1 Pengamatan Rencana 2 Refleksi 1 Tindakan 2 Refleksi2 Pengamatan Moeljadi Pranata
  16. 16. SIKLUS I 1. Tahap Perencanaan I a. Menetapkan target yang harus dicapai, yaitu Indikator Keberhasilan. b. Menyusun Pedoman Rencana Kegiatan Pembelajaran. c. Menyusun Pedoman Pengamatan. d. Menyusun Instrumen Penilaian. e. Menyiapkan Media Pembelajaran. Moeljadi Pranata
  17. 17. Contoh Indikator Keberhasilan Pembelajaran Siklus I Aspek Pencapaian Siklus I Cara Mengukur Keaktifan siswa 20% Diamati saat pembelajaran berlangsung, lembar pengamatan oleh peneliti. Dihitung dari jumlah siswa yang terlibat dalam belajar dalam kelompok. Interaksi antar siswa 25% Diamati saat siswa belajar, dicatat keterlibatan berinteraksi masing- masing siswa dalam kelompok. Kesungguhan belajar 25% Diamati saat siswa belajar, dicatat kesungguhan usaha belajar masingmasing siswa dalam kelompok. Ketuntasan hasil belajar 65% Dihitung dari jumlah siswa yang menguasai nilai lebih besar atau sama dengan 70. Moeljadi Pranata
  18. 18. Contoh Pedoman Rencana Kegiatan Pembelajaran 1. Guru memberikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran dan garis besar materi Tari Remo yang akan dipelajari. 2. Siswa diberi penjelasan tentang metode pembelajaran tutorial teman sebaya dan langkah-langkah pelaksanaannya. 3. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok berdasarkan kemampuan akademik, gender, serta bakat dan minat mereka. 4. Siswa diminta bergabung dalam kelompoknya masing-masing. 5. Guru menunjuk masing-masing ketua kelompok yaitu siswa terbaik kemampuan akademik, bakat dan minatnya. 6. Semua siswa diminta mengamati video pembelajaran tentang tari remo. 7. Dengan dipimpin ketua kelompok siswa mempelajari gerakan tari remo Bolet Gaya Jombangan. 8. Guru berkeliling untuk memberikan bimbingan jika diperlukan 9. Guru melakukan pengamatan dan penilaian berdasarkan pedoman pengamatan dan rubrik penilaian. 10. Guru membagikan lembar refleksi diri mengenai proses dan hasil belajar yang telah dialami masing-masing siswa. Moeljadi Pranata
  19. 19. SIKLUS I 2. Tahap Tindakan I a. Menerapkan rencana menurut Pedoman Langkah- langkah Kegiatan Guru. b. Menerapkan rencana menurut Pedoman Langkah- langkah Kegiatan Siswa. c. Melakukan pengamatan menurut Pedoman Pengamatan. Moeljadi Pranata
  20. 20. SIKLUS I 3. Tahap Refleksi I a. Melakukan analisis proses dan hasil tindakan. b. Melakukan evaluasi keberhasilan pencapaian target yang telah ditetapkan. c. Menarik simpulan untuk tindakan pada siklus berikutnya. Moeljadi Pranata
  21. 21. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Moeljadi Pranata
  22. 22. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Data 1.Siklus I 1.1 Pelaksanaan Tindakan 1.2 Hasil Pengamatan 1.3 Refleksi Siklus I 2.Siklus II 2.1 Pelaksanaan Tindakan 2.2 Hasil Pengamatan 2.3 Refleksi Siklus II B. Pembahasan Moeljadi Pranata
  23. 23. BAB V SIMPULAN DAN SARAN Moeljadi Pranata
  24. 24. SIMPULAN DAN SARAN A. Simpulan 1. Deskripsikan apakah penggunaan Model Pembelajaran Tutorial Teman Sebaya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Tari Remo pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk. 2. Deskripsikan apakah penggunaan Model Pembelajaran Tutorial Teman Sebaya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar Tari Remo pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 50 Kertosono - Nganjuk. B. Saran 1. Uraikan saran-saran yang relevan dengan hasil penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Seni Budaya selanjutnya. 2. Uraian untuk penelitian selanjutnya terkait dengan tindak lanjut dari kegiatan PTK ini. Moeljadi Pranata
  25. 25. FIN Moeljadi Pranata