/* hilangkan navbar ----------------------------- */ #navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

meta console

Contoh Proposal Skripsi PAI Kualitatif

Contoh Proposal Skripsi PAI Kualitatif 

JASA PEMBUATAN PTK KENAIKAN PANGKAT PNS/PERSIAPAN PLPG/UKG

Ggak Punya waktu mengerjakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)??? Di sini nih... Solusinya.. 
Ciuuussss... ambil Hp, segera hubungi CS kami, pertanyaan-pertanyaan anda seputar PTK akan terjawab dengan lengkap...haha..kaya buku aja lengkap.
Buruan...
MAU KONSULTASI PTK?
BUTUH PROPOSAL PTK?
BUTUH GAMBARAN JUDUL PTK??
BUTUH PTK LENGKAP, NO COPY-COPY, ASLI DAN ORISINIL
PTK TERBARU DAN BELUM PERNAH TERPUBLIKASIKAN
PTK NYA SEKALIAN DIJADIKAN JOURNAL JUGA BOLEH PAK/BU....
LANGSUNG SAJA HUBUNGI CS KAMI DI :

 


BAB I
 
Pendahuluan
 
A. Latar Belakang Masalah
 Pendidikan merupakan setiap prosses di mana seseorang memperoleh pengetahuan(
 Knowledge acquistion
), mengembangkan kemampuan/keterampilan (
 skill developments
) sikapatau mengubah sikap (
atitute change
). Pendidikan adalah pengalaman-pengalaman belajar terprogram dalam pendidikan formal dan non formal, dan informal di kampus, dan di luar kampus yang seumur hidup yang bertujuan optimalisasi pertimbanga kemampuan-kemampuanindividu, agar di kemudia hari dapat memainkan peranan hidup secara tepat.1[1]Penyelenggaraan pedidikan di Indonesia menurut UU Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat(2), disebutkan bahwa suatu Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasiladan Undang-undang Dasar 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasionalIndonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan Islam, baik sebagai sistem maupun institusinya, merupakan warisan budaya bangsa,yang berakar pada masyarakat bangsa Indonesia. Dengan dimikian jelas bahwa pendidikan Islammerupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional.2[2]Kebutuhan akan pendidikan merupakan hal yang tidak bisadipungkiri bahkan semua itumerupakan hak semua warga Negara, bernaan dengan ini, di dalam UUD 45 Pasal 31 ayat (1)
secara tegas disebutkan bahwa: “Tiap
-
tiap warga Negara berhak mendapat pengajaran”. 93
Tujuan pendidikan nasional dinyatakan dalam UU RI No. 20 Tahun 2003 Pasal (3) bertujuan
1
[1]
Redja Mudiyaharjo,
 Pengantar Pendidikan: Sebuah studi awal tentang dasar-dassar  pendidikan pada umumnya dan pendidikan di Indonesia
. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002. Hlm.11.
 
2
[2]
Hasbullah,
 Dasar-dasar Ilmu Pendidikan
, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2005. Hlm.174.
 
 
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwakepada Tuhan Yang Maha Esa, berkhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri danmenjadi warga Negar yang demokratis serta bertanggung jawab.3[3]Dalam perkembangannya, istilah pendidikan berarti usaha yang dijaankan oleh seseorangatau sekelompok oran guntuk mempengaruhi seseorang atau sekelompok orang agar menjadidewasa. Dengan dimikian endidikan berarti, segala usaha orang dewasa dalam pergaulan denanmahasiswa untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya ke arah kedewasaan.4[4]Dalam firman Allah SWT, berfirman:
:(61.87)
 
 Artinya
: Dan Allah mengelurkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahuisesuatupun, dan Dia member kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.(QS. An-Nahl. 16-78)5[5]Tidak semua tugas mendidik dapat dilaksanakan oleh orang tua dalam keluarga terutamadalam hal ilmu pengetahuan dan berbagai macam ilmu pengetahuan. Oleh karena itu dikirimlahanak ke sekolah. Dengan masuknya anak ke sekolah, maka terbentuklah hubungan antara rumahdan sekolah karena antara kedua lingkungan itu terdapat objek dan tujuan yang sama, yaknimendidik anak.6[6]Agama sebagai dasar pijakan umat manusia memiliki peran yang sangat besar dalam proses kehidupan manusia. Agama telah mengatur pola hidup manusia baik dalam hubungannyadengan Tuhannya maupun berinteraksi dengan sesamanya. Untuk itu sebagai benteng pertahanandiri anak didik dalam menghadapi berbagai tantangan di atas, kiranya untuk menanamkan pendidikan agama yang kuat dalam diri anak, sehingga dengan pendidikan agama ini, pola hidupanak akan terkontrol oleh rambu-rambu yang telah digariskan agama dan dapat menyelamatkananak agar tidak terjerumus dalam jurang keterbelakangan mental.
3
[3]
 
 Ibid 
, hlm. 310.
 
4
[4]
Prof. Dr. H. Tamayulis,
 Ilmu Pendidikan Islam
, Jakarta: Kalam Mulia. 2004. Hlm. 1.
 
5
[5]
Al-
Qur’an dan Terjemah, Departemen agama Republik Indonesia, Jakarta: CV. Toha Putra
Semarang. 1989. Hlm. 413.
 
6
[6]
DR. Zakiah Daradjat, dkk,
 Ilmu Pendidikan Islam
, Jakarta: Bumi Aksara, 1992. Hlm. 76.
 
 
Pendidikan agama Islam sebagai usaha membina dan mengembangkan pribadi manusiadari aspek-aspek kerohanian dan jasmaninya juga harus berlangsung bertahap. Oleh karena suatu pematangan yang bertitik akhir pada optimalisasi perkembangan atau pertumbuhan, baru dapattercapai bilamana berlangsung melalui proses demi proses ke arah tujuan akhir perkembanganatau pertumbuhannya.7[7]Dari pengertian di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa pendidikan agama Islamadalah bimbingan jasmani, dan rohan berdasarkan Al-
Qur’an terhadap anak 
-anak agar terbentuk kepribadian Muslim yang sempurna.Pada proposal skripsi ini, penulis akan mengungkap peranan pendidikan agama Islamterhadap pembentukan akhlak anak didik di Roudlotul Athfal Al-Hikam Malang.Judul tersebut penulis pilih atas dasar pertimbangan sebagai berikut:1) Pendidikan agama Islam adalah menanamkan akhlak mulia di dalam jiwa anak dan masa pertumbuhannya, sehingga akhlak itu menjadi salah satu kemampuan jiwa.2) Akhlak merupakan misi yang dibawa Nabi Muhammad SAW ketika diutus sebagai Rosulullah.
(
 
 Artinya
: “Sesungguhnay aku diutus oleh Allah, hanya untuk menyempurnakan akhlak.”
HR. Bukhori.3) Penulis ingin mengetahui bagaiman peranan pendidikan agama Islam terhadap akhlak anak didik di Roudlotul Athfal Al-Hikam Malang.
B. Pembatasan dan Perumusan Masalah
 
1. Pembatasan Masalah
 a) Pendidikan agama Islam yang dimaksud di sini adalah pelaksanaan pendidikan agama Islamdan kegiatan keagamaan di Roudlotul Athfal atau disingkat RA Al-Hikam Malang b) Akhlak yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah kepribadian dan tingkah laku anak didik dalam kehidupan sehari-hari.
2. Perumusan Masalah
 Bagaimana peranan pengidikan agama Islam terhadap akhlak anak didik di RA Al-HikamMalang
C. Tujuan Penelitian
 
7
[7]
Prof. H. M. Arifin, M.Ed,
 Filsafat Pendidikan Islam
, Jakarta: Bina Aksara, 1987. Hlm. 10