/* hilangkan navbar ----------------------------- */ #navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

meta console

STUDI KASUS PILOTING PPG GURU TERTENTU 2024

STUDI KASUS PILOTING PPG GURU TERTENTU 2024

Anda sebagai seorang guru pasti pernah mengalami permasalahan dalam pembelajaran. Tuliskan Pengalaman rill (Nyata) Anda maksimal 500 kata, terkait:

1. Permasalahan apa yang pernah anda hadapi?

Saya pernah mengalami permasalahan yaitu antusias belajar peserta didik yang rendah sekali karena mereka atau peserta didik di dalam kelas menunjukkan sikap yang tidak tertarik dalam pembelajaran dan tidak termotivasi dalam pembelajaran dan sebagian besar mereka menunjukkan sikap yang bosan dan mereka juga ngantuk di kelas lalu Ketika saya berikan soal tes akhir Setelah pembelajaran nilai hasil ulangan harian mereka rendah,  ini adalah permasalahan yang urgent bikin sekali untuk diselesaikan sehingga nantinya saya akan mencari cara untuk menyelesaikannya.

 

2. Bagaimana Upaya anda Untuk Menyeleseikannya?

Tentu saja saya mengevaluasi diri,  Kenapa peserta didik bisa merasa bosan di kelas dan tidak menunjukkan ketertarikan dalam pembelajaran dan dari hasil evaluasi diri tersebut Saya mencari berbagai refrensi dari berbagai sumber Tentang penerapan pembelajaran atau model-model pembelajaran yang variatif yang bisa diterapkan di dalam kelas dan bisa membuat kondisi Siswa lebih aktif dan bisa menunjukkan antusias dalam pembelajaran,  dari situ saya menemukan ide untuk menerapkan model pembelajaran yang variatif dan saya juga menggunakan beberapa media digital agar memudahkan saya dalam menyampaikan materi pembelajaran saya juga mendownload beberapa video yang ada kaitannya dengan materi pembelajaran serta saya juga menampilkan beberapa gambar yang menarik dan ada kaitannya dengan materi pembelajaran lalu saya menyusun rencana pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran dan media pembelajaran yang sudah saya siapkan dari situ saya menerapkan perencanaan pembelajaran yang sudah saya susun dengan langkah-langkah yang sistematis dan terencana.

Di akhir pembelajaran saya akan memberikan tes suamtif untuk mengetahui apakah siswa benar-benar memahami materi apa belum.


3. Apa Hasil dari Upaya Anda Tersebut?

Hasilnya adalah luar biasa sekali Saya melihat siswa yang menunjukkan sikap yang antusias dalam pembelajaran dan mereka juga ketika diberi instruksi atau tugas-tugas selesai mereka bisa mengerjakannya dengan tertib dan dengan baik dan saya juga bisa mengkondisikan kelas dengan tertib dan baik karena siswa bisa diatur dengan aturan-aturan yang sudah kita buat bersama lalu Ketika saya memberikan pertanyaan kepada beberapa peserta didik juga hampir semua mereka bisa menjawabnya dan ketika saya meminta untuk memberikan pendapat atau berkomentar tentang video atau gambar yang saya Tampilkan mereka juga bisa memberi komentarnya atau pendapatnya lalu Ketika saya berikan tugas untuk dikerjakan secara kelompok masing-masing kelompok juga bisa bekerja sama dengan baik dan bisa mengerjakan lembar kerja secara berkelompok dan mempresentasikannya di depan teman-teman mereka dengan baik lalu ketika diberi tes akhir Setelah pembelajaran hasilnya memuaskan sekali hampir semua dari mereka bisa mendapatkan nilai di atas standar yang diterapkan oleh kurikulum.

 

4. Pengalaman berharga apa yang bisa anda petik ketika menyeleseikan permasalahan tersebut?

Pengalaman berharga yang bisa dipetik adalah kita sebagai guru harus bisa melakukan refleksi atau mengevaluasi diri apakah pembelajaran yang kita lakukan di dalam kelas sudah bisa mencapai tujuan pembelajaran atau belum Dan semua peserta didik bisa memahami materi yang kita sampaikan atau belum dan selanjutnya kita harus terbuka wawasannya untuk membaca dan memahami lebih dalam tentang berbagai model pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar nantinya peserta didik bisa mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristiknya dan peserta didik menunjukkan ketertarikannya dalam pembelajaran serta tidak bosan di kelas Lalu kita sebagai guru juga harus inovatif menerapkan media pembelajaran khususnya menerapkan media pembelajaran yang sifatnya adalah media pembelajaran digital yang bisa membantu kita menyampaikan materi pembelajaran dan bisa memudahkan siswa menyerap pembelajaran