/* hilangkan navbar ----------------------------- */ #navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

meta console

PTK KELAS I

PTK KELAS I




Kami membantu para guru menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Hubungi WA: 081222940294


MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL LEARNING TOGETHER TEMATIK TEMA PENGALAMANKU PADA SISWA KELAS I SD NEGERI ....... TAHUN PELAJARAN 2022/2023



BAB l
Pendahuluan

Prestasi belajar tematik mengacu pada kemampuan dan pencapaian siswa dalam memahami dan menguasai materi pelajaran yang diajarkan dalam pendekatan tematik. Pendekatan tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran ke dalam tema atau topik tertentu, sehingga siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih holistik. Prestasi belajar tematik tidak hanya melibatkan penguasaan pengetahuan dan konsep, tetapi juga keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kerjasama, dan kemampuan berkomunikasi. Siswa diajak untuk melakukan eksplorasi, mengamati, bertanya, berpikir, dan mencoba solusi dalam konteks yang nyata dan bermakna. Tujuan dari prestasi belajar tematik adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa secara menyeluruh dan meningkatkan penerapan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menghubungkan mata pelajaran yang berbeda dalam satu tema, siswa dapat melihat keterkaitan antara konsep-konsep yang mereka pelajari. Prestasi belajar tematik juga dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, keterampilan sosial, dan literasi multikultural. Melalui pendekatan ini, siswa dapat belajar tentang berbagai budaya, lingkungan, dan isu-isu global yang relevan. Evaluasi prestasi belajar tematik biasanya dilakukan melalui berbagai bentuk penilaian, seperti tugas proyek, penugasan tertulis, presentasi, dan diskusi kelompok. Guru akan menilai pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, kemampuan menerapkan konsep dalam konteks yang berbeda, serta keterlibatan dan kolaborasi dalam kegiatan pembelajaran. Prestasi belajar tematik memiliki beberapa keunggulan, antara lain meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, memperluas wawasan dan pemahaman mereka, serta mengembangkan keterampilan yang relevan dalam kehidupan nyata. Namun, pendekatan tematik juga membutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang matang agar dapat efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar tematik, penting bagi guru dan sekolah untuk menyediakan lingkungan belajar yang kondusif, memfasilitasi sumber daya yang relevan, dan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan pendekatan yang tepat dan dukungan yang memadai, siswa dapat mencapai prestasi belajar yang optimal dalam pendekatan tematik.