/* hilangkan navbar ----------------------------- */ #navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

meta console

PTK MATEMATIKA KELAS VI

PTK MATEMATIKA KELAS VI




Kami membantu para guru menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Hubungi WA: 081222940294


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VI SD NEGERI ....... TAHUN PELAJARAN 2022/2023



BAB l
Pendahuluan

Student Team Learning (STL) atau Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Learning adalah salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan prestasi akademik peserta didik. Model ini menempatkan peserta didik dalam tim kecil yang bekerja sama untuk mencapai tujuan belajar bersama. Dalam model STL, peserta didik dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan sekitar 4-5 orang. Setiap kelompok memiliki peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Beberapa langkah penting dalam penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Learning adalah sebagai berikut: Pembentukan Tim: Peserta didik ditempatkan dalam tim-tim kecil berdasarkan berbagai kriteria, seperti keahlian, kemampuan, atau acak. Pembentukan tim yang beragam dapat mendorong keragaman pemikiran dan perspektif dalam kelompok. Tantangan atau Tugas: Setiap tim diberikan tugas atau tantangan tertentu yang relevan dengan materi pelajaran yang akan dipelajari. Tantangan tersebut dapat berupa pemecahan masalah, diskusi topik tertentu, proyek kolaboratif, atau pembahasan studi kasus. Diskusi Kelompok: Peserta didik dalam tim berkolaborasi untuk menjawab pertanyaan, mencari solusi, atau mengembangkan pemahaman tentang topik yang sedang dipelajari. Mereka bekerja bersama untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Respons Individu: Selain berdiskusi kelompok, setiap peserta didik juga diminta untuk merespons materi pelajaran atau tugas yang diberikan secara individu. Respons ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap anggota tim memahami dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Penilaian Tim: Keberhasilan setiap tim dalam menyelesaikan tugas atau tantangan dievaluasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Penilaian dapat mencakup hasil kerja tim, partisipasi aktif, serta kemajuan yang dicapai oleh anggota tim. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Learning menekankan pada pembelajaran aktif, partisipatif, dan kolaboratif. Dengan berkolaborasi dalam kelompok, peserta didik dapat saling membantu dalam memahami materi pelajaran, mengatasi hambatan belajar, dan mengembangkan keterampilan sosial yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, model ini juga mengajarkan pentingnya kerja sama dan rasa tanggung jawab terhadap kelompok, karena keberhasilan setiap tim bergantung pada kontribusi semua anggotanya. Dengan demikian, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Learning dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, positif, dan mendukung bagi seluruh peserta didik di dalamnya.