/* hilangkan navbar ----------------------------- */ #navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

meta console

PTK PPKN KELAS IV KURIKULUM MERDEKA

PTK PPKN KELAS IV KURIKULUM MERDEKA




Kami membantu para guru menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Hubungi WA: 081222940294


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI MAKNA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN ...... SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023


BAB l
Pendahuluan

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam kurikulum di Indonesia. Materi tentang makna negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah pokok bahasan yang fundamental dalam PPKN, karena membahas tentang esensi dan karakteristik negara Indonesia sebagai negara kesatuan yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya. Peningkatan hasil belajar PPKN pada materi makna negara kesatuan Republik Indonesia menjadi tujuan penting dalam proses pembelajaran di kelas IV. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa para siswa memiliki pemahaman yang mendalam tentang pentingnya keberagaman dalam menyatukan bangsa Indonesia serta memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi PPKN adalah Inquiry Based Learning (IBL). Model pembelajaran ini menekankan pada peran aktif siswa dalam mencari, menemukan, dan mengkonstruksi pengetahuan melalui proses bertanya, menyelidiki, dan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka sendiri. Rendahnya pemahaman belajar siswa di tunjukkan dari rendahnya perolehan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan adanya perolehan hasil pre tes PPKN Materi makna negara kesatuan republik Indonesia dari total peserta didik kelas IV SDN Nomor ......... Berdasarkan hasil pre tes peserta didik, diperoleh nilai ketuntasan klasikal belum mencapai target ketuntasan secara klasikal. Adapun nilai KKM sebesar 75. Oleh karena itu, guru yang di sini berperan sebagai penulis merasa perlu memberikan metode pengajaran yang berbeda. Dalam penulisan ini penulis hendak menggunakan model pembelajaran inquiry based learning untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Materi makna negara kesatuan republik Indonesia. Salah satu metode yang kerap digunakan ialah model pembelajaran inquiry based learning. Melalui model pembelajaran Inquiry Based Learning, diharapkan siswa dapat lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang materi PPKN. Dengan demikian, mereka dapat menjadi warga negara yang bertanggung jawab, menghargai keberagaman, dan berkontribusi positif dalam memajukan bangsa dan negara. 
.