/* hilangkan navbar ----------------------------- */ #navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

meta console

PTK TEMATIK KELAS VI K13

PTK TEMATIK KELAS VI K13




Kami membantu para guru menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Hubungi WA: 081222940294


MENINGKATKAN ANTUSIAS BELAJAR TEMATIK TEMA 6 SUB TEMA 1 MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN MELALUI METODE PETA KONSEP DI KELAS VI SDN NOMOR ....... SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023


BAB l
Pendahuluan

Pembelajaran adalah seperangkat tindakan yang dirancang untuk mendukung proses belajar siswa, dengan memperhitungkan kejadian-kejadian ekstrim yang berperanan terhadap rangkaian kejadian-kejadian intern yang berlangsung dialami siswa (Winkle, 1991). Sementara Gagne (1985), mendefinisikan pembelajaran sebagai pengaturan peristiwa secara seksama dengan maksud agar terjadi belajar dan membuatnya berhasil guna. Dalam pengertian lainnya, Winkle (1991) mendefinisikan pembelajaran sebagai pengaturan dan penciptaan kondisi-kondisi ekstern sedemikian rupa, sehingga menunjang proses belajar siswa dan tidak menghambatnya.

Antusias belajar penting dalam proses pembelajaran karena tanpa adanya Antusias siswa maka pembelajaran tidak dapat diterima oleh siswa itu sendiri. Tidak ada Antusias dari seseorang siswa atau anak terhadap pelajaran akan timbul kesulitan belajar. Ada tidaknya Antusias terhadap sesuatu pelajaran dapat dilihat dari cara anak mengikuti pelajaran, lengkap tidaknya catatan, memperhatikan pelajaran atau tidak. Antusias dalam sebuah pembelajaran pada dasarnya adalah penerimaan akan sesuatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Semakin dekat hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu yang ada di luar diri semakin besar minatnya.